Gambar Kata Ghibah Atau Menggunjing


Gambar Kata Ghibah Atau Menggunjing
Gambar Kata Ghibah AtauMenggunjing, Pengertian Ghibah, Ghibah atau gosip merupakan sesuatu yang dilarang agama. Ghibah dapat mencerai-beraikan ikatan kasih sayang dan ukhuwah sesama manusia. Seseorang yang berbuat ghibah berarti dia telah menyemai kedengkian dan kejahatan dalam masyarakat. Ghibah berasal dari bahasa Arab dengan akar kata ghaaba, yang berarti ‘tidak hadir’, atau lawan kata dari hadhara. Asal usul kata ini memberi pemahaman adanya unsur ‘ketidakhadiran seseorang’ dalam gibah, yakni orang yang menjadi obyek pembicaraan. Dari segi definisi istilah atau terminologi, gibah diartikan sebagai pembicaraan tentang seseorang yang tidak hadir dalam pembicaraan itu, yang apabila dia mendengarkannya akan menjadi terganggu atau tidak senang. Dalam bahasa Indonesia, gibah diterjemahkan sebagai “menggunjing”. Jabir bin Abdullah ra. Meriwayatkan “Ketika kami bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba tercium bau busuk yang menyengat seperti bau bangkai maka Rasul pun bersabda, “Tahukah kalian, bau apakah ini? Inilah bau dari orang-orang yang mengghibah orang lain”. (HR Ahmad)

"ghibah"
Unduh juga:
Hukum Ghibah, Allah berfirman dalam Surah al-Hujurat(49):12:
yang artinya :"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang (Surah al-Hujurat(49):12) Ayat tersebut menegaskan posisi hukum gibah sebagai sebuah perbuatan yang merusak tata hidup kemasyarakatan sekaligus sebagai “pengkhianatan” terhadap sesama manusia. Sebuah perumpamaan yang sangat tegas dari al-Qur’an tentang gibah ini adalah “sukakah engkau memakan daging saudaramu yang sudah mati”. Pertanyaan yang ironis dari kata “ayuhibbu“ (sukakah) melambangkan bahwa terdapat kecenderungan orang untuk suka bergibah, namun kesukaan itu dicela agama. Lalu ada kata “memakan daging” yang berarti menikmati suasana gibah itu bagaikan seseorang yang mamakan daging dengan nikmatnya. Sedangkan kata “maytan” (mati) berarti bahwa orang yang digibah itu dalam keadaan tidak berdaya, tidak mampu dan tidak sempat membuat pembelaan karena dia tidak hadir.  Nah itulah sedikit ulasan tentang Ghibah dan dibawah ini adalah gambar kata ghibah yang dapat anda gunakan untuk diposting memperingatkan rekan sahabat tentang ghibah silahkan unduh secara gratis di bawah ini:

"ghibah"

"ghibah"
"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"

"ghibah"
Gambar Kata Ghibah AtauMenggunjing, Demikianlah postingan pada kesmpatan kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita khususnya sebagai umat muslim dan menambah wawasan kita. Selalu kunjungi situs ini untuk mendapatkan gambar kata mutiara yang terbaru dan akan selalu kami update pada setiap minggunya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya salam santun.